GENERASI DAN REGENERASI

A. Pengertian Generasi

Generasi adalah semua orang yang lahir kira-kira pada waktu yang sama.  Apabila diterapkan pada hubungan keluarga, generasi dapat diartikan sekelompok keturunan. Istilah generasi dapat digunakan sebagai satuan ukuran waktu sehubungan dengan waktu-waktu yang telah silam atau yang akan datang. Generasi dapat juga diartikan sebagaigolongan, yaitu orang-orang yang dicirikan oleh sifat-sifat atau keadaan-keadaan tertentu.

B. Pengertian Regenerasi

Regenerasi adalah sebuah perpindahan kesempatan untuk bertumbuh. Pertumbuhan ini adalah bagian yang penting dari proses pembelajaran. Orang-orang “lama” yang telah berada di  harus bisa mempertanggung jawabkan kedewasaannya dan berpindah ke pelayanan yang lebih luas. Sementara orang-orang “baru” diberi kesempatan  untuk melanjutkan “perjuangan”. Sebagian orang memaknainya sebagai siklus yang wajib dilalui. Sebagian lagi memaknainya biasa-biasa saja.

C. Regenerasi dalam Berbagai Bidang

1). Regenerasi Pemimpin Bangsa

Masih sulit terjadi regenerasi kepemimpinan kepada tokoh muda, karena situasi politik dan demokrasi Indonesia, yang belum memungkinkan. Apalagi, selama ini para pemimpin yang tampil itu dilahirkan oleh sistem, dan sistem kita saat ini belum memberi peluang kepada yang muda.

Hanya ada dua pilihan pemimpin bangsa yang baik, yaitu generasi muda yang kreatif dan generasi tua yang arif.  Regenerasi pemimpin untuk generasi muda bisa terjadi apabila pihak-pihak yang ikut berperan menanggapinya dengan serius. Menjadi pemimpin tidak harus menjadi seorang presiden atau kepala daerah dan sejenisnya, dengan mengikuti organisasi pemuda, membela negara dan memimpin diri sendiri dengan baik juga merupakan hal yang diharapkan untuk generasi muda yang sekarang.

Beberapa tahun belakangan dapat kita temui generasi-generasi muda yang mulai mencoba untuk menjadi pemimpin, baik dalam organisasi ataupun dalam pencalonan anggota dewan. Generasi muda mulai berani untuk bersaing dengan generasi-generasi pendahulunya (dalam hal ini bersaing secara sehat).

2). Regenerasi Penduduk dan Pembangunan daerah

Regenerasi penduduk dan pembangunan daerah tidak akan terlepas dari karakter dan ciri-ciri penduduk suatu bangsa beserta kondisinya. Masalah penduduk yang meliputi jumlah, komposisi, persebaran, perubahan, pertumbuhan dan ciri-ciri penduduk berkaitan langsung dengan perhitungan-perhitungan pembangunan, baik konsep, tujuan maupun strategi pembangunan suatu bangsa. Pembangunan yang ideal ialah pembangunan yang harus disikapi dengan arif, cermat dan dengan konsep yang berkelanjutan (sustainable development), disesuaikan dengan kondisi dan karakter bangsa itu sendiri. Masing-masing negara mempunyai kebijakan regenerasi yang berbeda dalam menangani masalah penduduk dan dalam melakukan kaderisasi.

Sumber :

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s