PROPOSAL

MENGANALISA PRODUKTIVITAS OPERATOR RESTO MAKANAN SIAP SAJI

1.1       Latar Belakang

Mnasusia memilki aktivitas yang berbeda-beda yang seuai dengan perkerjaan masing-masing. Sebuah pekerjaan yang memiliki siklus kerja yang jelas akan bekerja secara terjadwal dan telah ditentukan sehingga produktvitasnya jelas, sedangkan siklus kerja yang tidak jelas sudah pasti hanya akan bekerja apabila mendapatkan pesanan dari customer. Hal ini menjadikan seorang operator dapat mengalami idle atau menganggur apabila tidak mendapatkan pesanan. Operator yang memiliki tingkat idle yang besar mengalami produktivitas yang tidak menentu. Hal ini tentu saja apabila terjadi secara terus-menerus dapat merugikan perusahaan. Oleh karena itu diperlukan suatu metode pengamatan untuk mengukur produktivitas yaitu work sampling.

Work sampling adalah metode yang digunakan untuk melakukan sejumlah pengamatan terhadap aktivitas suatu pekerjaan. Metode ini digunakan karena sesuai untuk pengamatan dengan pekerjaan yang bersifat tidak berulang atau tergantung pada proporsi pekerjaannya. Penggunaan work sampling dapat diaplikasikan pada resto makanan siap saji dengan mengamati aktivitas operator-operator yang bekerja disana. Metode work sampling dipilih untuk mengamati operator di resto karena operator yang bekerja disana memiliki sifat kerja yang bervariasi dan tidak rutin, operator hanya bekerja pada saat pelanggan datang. Penggunaan metode work sampling diharapkan agar perusahaan dapat mengetahui tingkat produktivitas dari masing-masing operator yang bekerja sehingga perusahaan dapat mengetahui besar waktu menganggur dan waktu bekerja operator. Hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan produktivitas kedua operator sehingga operator dapat melakukan pelayanan yang lebih baik kepada pelanggan.

 1.2 Perumusan Masalah

Perumusan masalah adalah perumusan yang digunakan untuk mengidentifikasi permasalahan yang terdapat pada resto makanan siap saji. Masalah yang dibahas adalah bagaimana mengukur produktivitas dari operator 1 dan operator 2 saat melakukan pekerjaan melayani pelanggan.

 1.3 Tujuan Observasi

Tujuan Observasi dilakukan untuk mengetahui hasil-hasil yang ingin dicapai pada penelitian ini. Tujuan dari dilakukannya penelitian ini yaitu sebagai berikut:

  1. Mengetahui produktivitas dari kedua operator yang berkerja di resto makanan siap saji
  2. Mengetahui sistem kerja dari kedua operator yang berkerjad di resto makanan siap saji

 1.4 Batasan Penelitian

Batasan penelitian dalam hal ini dilakukan untuk membatasi hal-hal yang berkaitan dengan proposal penelitian ini. Batasan penelitian dalam hal ini yaitu sebagai berikut:

  1. Objek yang diamati hanya 2 operator yang bekerja pada resto makanan siap saji dengan jenis kelamin yang sama, jenis pekerjaan yang sama dan bekerja pada shift yang sama.
  2. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu work sampling.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s